Karya Ilmiah

KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN SOPPENG

Penulis : ACHMAD GUNADI

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas

pelayanan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten

Soppeng. Penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pelanggan

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Soppeng. Metode penelitian

yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survai, yang

menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Perusahaan

Daerah Air Minum Kabupaten Soppeng yang berjumlah 7.958 orang, sedangkan

sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling sehingga

yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang pelanggan yang

berstatus aktif dalam menggunakan jasa PDAM Kabupaten Soppeng. Adapun

teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan

telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada

kantor PDAM Kabupaten Soppeng berada pada kategori baik dengan persentase

73,29%, dengan menggunakan enam dimensi kualitas pelayanan, dapat dilihat

dari Professionalisme and Skill dimana memperoleh nilai rata-rata 73,43% yang

berada pada kategori baik. Dimensi Attitude and Behavior memperoleh nilai rata-

rata 78% yang berada pada kategori baik. Dimensi Accexibility and Flexibility

memperoleh nilai rata-rata 69,14% yang berada pada kategori baik. Dimensi

Reliability memperoleh nilai rata-rata 73,14% yang berada pada kategori baik.

Dimensi Recovery memperoleh nilai rata-rata 73,14% yang berada pada kategori

baik, dan dimensi Reputation and Credibility memperoleh nilai rata-rata 72,86%

yang berada pada kategori baik.