Karya Ilmiah

ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LA TEMMAMALA KABUPATEN SOPPENG

Penulis : WIDYA WINARNI, ERNI CAHYANI IBRAHIM

Rumah Sakit memiliki peran yang cukup besar dalam menjamin kesehatan masyarakat, untuk

itu rumah sakit perlu senantiasa meningkatkan mutu, prosedur maupun kualitas pelayanan. Penelitian

ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan penjelasan mengenai tingkat kepuasan pasien rawat inap

pada Rumah Sakit Umum Daerah La Temmamala Kabupaten Soppeng dengan berdasarkan pada

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

Nomor 16 tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat. Metode penelitian yang

digunakan adalah deskriptif-kuantitatif dengan menggambarkan data penelitian secara interpretatif

berlandaskan teori dengan menggunakan tabel frekuensi skor yang diolah dengan menggunakan

aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat

kepuasan pasien rawat inap pada Rumah sakit Umum Daerah La Temmamala Kabupaten Soppeng

menunjukkan kategori Sangat Puas dengan persentase nilai rata-rata 80.65 dimana aspek persyaratan,

prosedur, waktu pelayanan, produk spesifikasi jenis pelayanan, perilaku pelaksana, maklumat

pelayanan berada pada kategori sangat puas, dan aspek biaya/tarif, kompetensi pelaksana dan aspek

penanganan pengaduan,saran dan masukan berada pada kategori puas. Dari hasil penelitian ini dapat

disimpulkan bahwa dalam pemberian pelayanan khususnya rawat inap tetap memperhatikan unsur

survey kepuasan masyarakat yaitu factor dan aspek yang dijadikan pengukuran kepuasan masyarakat

terhadap penyelenggaraan pelayanan public sebagaimana yang terdapat pada Peraturan Menteri

Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2014

Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat.