Karya Ilmiah

IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KELAS TUNTAS BERKELANJUTAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI IV SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Penulis : IVADA NITYA KHADIFA MAHARANI, MUH. BASRI

Penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Program Sistem Kelas Tuntas

Berkelanjutan pada SD Negeri IV Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan survey tentang Implementasi Program

Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan pada SD Negeri IV Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Sedangkan instrumen pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan

dokumentasi dengan metode pengabsahan menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian terdiri dari Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Strutur Birokrasi.

Implementasi Program Sistem Kelas Tuntas berkelanjutan jika dilihat dari komunikasi termasuk

dalam kategori baik. Hal tersebut ditandai dengan komunikasi yang intens dilakukan pihak

sekolah dasar kepada orang tua dan anak didik sekolah dasar dalam rangka menjelaskan

mekanisme sistem kelas tuntas berkelanjutan. kemudian dilihat dari sumber daya, termasuk

dalam kategori baik. Hal tersebut dilihat dari kemampuan guru yang ditandai dengan pendidikan

yang sudah sarjana. Kemudian guru juga mempunyai wewenang yang sesuai serta fasilitas yang

cukup memadai meskipun masih ada beberapa ruang yang tidak dimanfaatkan. Kemudian jika

dilihat dari disposisi, juga termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut ditandai dengan sikap

pelaksana yang sangat baik dalam memberikan materi dan motivasi kepada anak didik melalui

pendekatan keagamaan dan permainan. Selanjutnya yang terakhir adalah struktur birokrasi

termasuk dalam kategori baik. hal tersebut ditandai dengan koordinasi yang intens anatr pihak

sekolah dengan dinas pendidikan pemuda dan olah raga. Namun, pelaksanaan Sistem Kelas

Tuntas Berkelanjutan masih terdapat kendala yakni pada Standar Operasional Prosedur yang

tidak tampak.