Karya Ilmiah

KINERJA KARYAWAN PADA KANTOR TRAINING CENTRE UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Penulis : Nur Istiqamah, Halim

Masalah kinerja karyawan merupakan salah satu isu yang sering dibicarakan dan menjadi

sorotan publik karena ada anggapan bahwa pada saat ini kinerja karyawan belum optimal. Fenomena

yang terjadi adanya keluhan pengguna jasa mengenai pelayanan yang diberikan oleh karyawan pada

Kantor Training Centre UIN Alauddin Makassar merupakan salah satu gejala kurang maksimalnya

kinerja karyawan dalam kantor tersebut. Olehnya itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja

karyawan dalam menerapkan tugas dan tanggung jawabnya dan untuk mengetahui upaya dan strategi

apa yang dilakukan Kantor Training Centre UIN Alauddin dalam meningkat kinerja karyawannya.

Penelitian ini didasarkan dengan menggunakan 2 subvariabel yaitu penilaian dari segi kemampuan dan

penilaian dari segi motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif.

Karena populasi banyaknya kurang dari 100 yaitu 35 orang maka seluruh populasi dijadikan sampel.

Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh (sensus) dan jumlah sampel 35 orang.

Penelitian ini menggunakan kuisioner/angket,wawancara,telaah dokumen dan observasi. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa kinerja karyawan pada Kantor Training Centre UIN Alauddin Makassar

ditinjau dari aspek kemampuan cenderung memadai(76,34%), hal tersebut terlihat dari pendidikan

formal yang cenderung sesuai(74,85%) dengan posisi jabatan, keterampilan cenderung sesuai(77,9%)

dengan tugas dan tanggung jawabnya dan sikap atau prilaku yang baik(76,28%). Selain itu dari aspek

motivasi karyawan cenderung kurang memiliki motivasi(58,49%) dalam bekerja, hal tersebut terlihat

dari kompensasi yang diterima karyawan cenderung kurang sesuai(46%) dengan beban kerja dan

lingkungan kerja yang kondusif(70,97%). Secara keseluruhan kinerja karyawan pada Kantor Training

Centre UIN Alauddin dalam kategori baik(66,43%) dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Oleh karena itu untuk dari segi kemampuan karyawan perlu ditingkatkan lagi untuk medapatkan hasil

kerja yang lebih baik dan sebaiknya manager sebaiknya lebih memperbaiki sistem penggajian dan

tunjangan yang memadai untuk lebih mensejahtrakan karyawan, serta memberikan reward bagi

karyawan berperestasi.