Karya Ilmiah

STRATEGI BAURAN PEMASARAN SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA (STIA LAN) MAKASSAR

Penulis : FIRDAUSI NUZULA, NAJMI KAMARIAH

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penerapan strategi bauran pemasaran

STIA LAN Makassar untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Metode yang digunakan dalam

penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan survei terhadap 220 responden dari

487 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran pada instansi

pemerintahan merupakan strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang yaitu meningkatkan

jumlah mahasiswa. Keempat bauran pemasaran tersebut merupakan unsur-unsur yang saling

menunjang, yang tidak satupun boleh dihilangkan, karena hal itu menyangkut strategi pemasaran

yang telah baku dan diakui keberhasilannya di dalam mendistribusikan produk/jasa,

memperkenalkan produk/jasa serta menanamkan image produk/jasa kepada calon pelanggan.

Kemudian strategi bauran pemasaran bukan satu-satunya faktor penyebab penurunan jumlah

mahasiswa melainkan adanya peraturan pemerintah seperti zero growth, peraturan dari Dikti

(Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) yang melarang kelas jarak jauh, termasuk kelas weekend,

dan hampir di seluruh instansi pemerintah membuat peraturan penerimaan pegawai dengan latar

pendidikan sarjana.