Karya Ilmiah

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK INTERNET TELKOMSEL MAKASSAR

Penulis : REZKY RAMADHANI SUPARDI, NURAENI SAYUTI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam

keputusan memilih produk internet Telkomsel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah

metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh

pelanggan/konsumen yang membeli produk internet Telkomsel di Distributor Pulsa All Operator

Bus 47, Rappocini Raya, Makassar yaitu berjumlah 1.421 orang berdasarkan data jumlah

pelanggan/pembeli yang membeli produk internet Telkomsel dua bulan terakhir yakni bulan

September dan Oktober 2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik

probability sampling, dimana sampel yang digunakan sebanyak 93 orang. Hasil penelitian ini

menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk, harga, distribusi dan promosi, masing-masing

mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam keputusan memilih

produk internet Telkomsel. Untuk tetap menjaga eksistensi Telkomsel sebagai perusahaan provider

dengan kualitas jaringan internet terbaik dan pengguna data terbanyak, penelitian

merekomendasikan 4 hal, yaitu: (1) faktor produk khususnya indikator jaminan agar pihak

Telkomsel lebih menjaga keamanan identitas konsumennya dengan lebih baik lagi, (2) faktor harga

khususnya indikator tunjangan agar lebih diperjelas lagi cara untuk menggunakan tunjangan

Telkomsel (3) faktor saluran distribusi khususnya indikator variasi tempat agar menambah variasi

tempat khususnya ke tempat yang lebih terpencil (4) faktor promosi khususnya indikator tenaga

penjualan agar lebih meningkatkan kinerja dan pelayanannya ke pihak konsumen.