Karya Ilmiah

STRATEGI PEMASRAN DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN MOBIL TOYOTA (STUDI KASUS PT. HADJI KALLA CABANG ALAUDDIN KOTA MAKASSAR

Penulis : NURHIKMAH, GUNTUR KARNAENI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam peningkatan volume penjualan

mobil Toyota (studi kasus pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Kota Makassar). Penelitian ini

menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini

menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Hadji Kalla Cabang Aluddin Kota

Makassar sudah berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa strategi yang dijalankan yakni

strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (undifferetiated marketing) dilakukan secara

teliti oleh pihak marketing dengan cara analisis pasar. Kemudian strategi pemasaran yang

membeda-bedakan pasar (differentiated marketing) menganalisis pasar yang akan menjadi tujuan

pemasaran sehingga dalam penjualan mobil bisa dibedakan segmen pasarnya. Strategi pemasaran

yang terkonsentrasi (concetrated marketing) dengan menentukan segmen pasar tertentu yang akan

menjadi sasaran pemasaran sehingga dapat memusatkan segala kegiatan pemasarannya pada satu

atau lebih segmen pasar. Kemampuan perusahaan dalam menganalisis pasar yang sewaktu-waktu

berbeda hal tersebut dapat kita lihat dari hasil volume penjualan mobil toyota yang setiap tahunnya

meningkat.