Karya Ilmiah

ANALISIS PERILAKU PELANGGAN DALAM MEMBAYAR TAGIHAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN SINJAI

Penulis : DESI RISKI AMALIA, DEASY MAULIANA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pelanggan dalam membayar tagihan Perusahaan

Daerah Air Minum (PDAM) di Kab. Sinjai serta solusi dan upaya yang dilakukan oleh pihak

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) agar pelanggan senantiasa tepat waktu dalam membayar

tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif

dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa analisis perilaku

pelanggan dalam membayar tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) secara signifikan

tidak ditentukan dari aspek sumber daya ekonomi, aspek sumber daya temporal, dan aspek sumber

daya konsumen. Namun, analisis perilaku pelanggan dalam membayar tagihan Perusahaan Daerah

Air Minum (PDAM) secara signifikan ditentukan dari aspek sumber daya kognitif yang

menggambarkan pola pikir atau pemahaman pelanggan, motivasi pelanggan serta keterlibatan

langsung pelanggan.